januari-hujan sehari-hari


dalam seminggu terakhir, hampir tiap pulang kerja selalu kehujanan. he'eh, memang bukan berita menghebohkan. hanya saja, terlebih di tahun ini, saya kuk jadi dekat sekali dengan kejadian yang namanya hujan dan banjir. hiks...
baru sekitar 3 minggu kemaren Bangil dilanda banjir hebat. jelas kost-an saya juga kena imbasnya, meski alhamdulillah dibanding tempat2 lain, masih bisa dibilang 'terselamatkan'. entah karena penghuninya yang emang manis2, atau emang letaknya yang lebih tinggi dari jalan raya, jadi kost-an saya aman sentosa dari terjangan banjir. hanya di halaman depan dan sedikit di kamar2 bagian depan yang terendam air setinggi mata kaki. untung saja bapak kost dan para jejaka (halaahhh..) disekitar kost'an kompak bikin penghadang air dari pasir dalam karung..

pagi harinya, sisa2 banjir jelas terlihat. ternyata dahsyat banged. dari beberapa tayangan di tivi2, jelas ga bisa menunjukkan keadaan yang sebenarnya. ada banyak area yang luput dari rekaman kamera. ada banyak wajah yang tertunduk lesu melihat rumahnya hanya menyisakan lumpur, penyakit, dan duka... hikss... banyak teman yang jadi korban, ga bisa kerja, sakit, dsb... ternyata memang, beda sekali antara melihat dan mengalami sendiri. dulu sih, kalo liat siaran di tivi tentang banjir dan bencana lain, paling cuman bisa bilang "duwh, saaken yo." atau "wiihh, sampe koyo ngunu yo"
kalo udah ngalami, spechless.. ga bisa komentar apa-apa rasanya.

sungguh, pagi2 saat saya kepasar itu, trenyuh ngeliat banyak rumah yang rusak, ambrol, para pengungsi, anak2 kecil yang mulai tersrang diare. malah pas naik becak, dapet cerita dari tukang becak yang rumahnya keseret arus, ga bersisa.
"Tapi ya saya tetap narik becak, mbak. untung becak ini saya taruh dipangkalan. kalo di rumah ya ga tau lagi saya mesti gimana."

sampai dua tiga hari sesudahnya, banyak yang masih was-was dengan hujan yang selalu datang tiap sore itu. tiap lewat jembatan, mesti ga lupa nengok sungai dibawahnya, lewat batas ketinggian air atau masih normal. bener2 minggu2 yang ga begitu nyaman untuk bisa tidur dengan nyenyak.

dannn.. kemaren, sore kemaren saat seneng2nya denger bel pulang kerja, lha kok harus dipaksa melongo di depan pabrik gara2 jalannya udah kerendem arus air, bener2 mirip sungai kecil. sampe mobil jemputannya ga bisa jalan. beberapa temen yang nekat bawa motor nerjang arus, harus puas dengan melihat mesin motornya mati. hujan belum berhenti, dan ga ada yang berani keluar lagi. sampe akhirnya pak satpam itu ngajuin opsi buat nganter anak2 ke gerbang depan naik tronton. he'eh! tronton!!

dari pabrik ke gerbang kawasan industri depan itu emang masih jauh banged. dan hanya ada satu jalan beraspal yang menghubungkan pabrik2 dalam kawasan itu dengan gerbang dan jalan raya. dan itu sudah menjadi sungai2 kecil berarus lumayan deras. sopir jemputan udah nyerah, inget cerita mobil kijang yang keseret arus di bangil itu. jadi, ga ada pilihan lain. yupz... naek tronton.
dan jadilah saya dan banyak wanita2 manis itu pasrah berada di dalam tronton, bersama beberapa punggawa lelaki yang siap sedia di depan pintu tronton buat jagain n nulungi para cewek naek dan turun dari mobil.
sayang, hape saya sudah tidak berkamera lagi buat mengabadikan momen spesial itu. hihihihi...

jadi serasa baru kena razia apa gitu. ato saat lagi nerjang arus dijalan yang lumayan rendah, berasa lagi ikutan arung jeram. bedanya, ga pake perahu karet, tapi pake praoto alias tronton.. hehehehe...
yaahh, begitulah. banyak celotehan dari temen2 yang bikin musibah itu jadi ga berasa musibah. tetep aja ketawa-ketiwi sambil berhaap, semoga bangil ga banjir lagi.

dan alhamdulillah,setelah nerjang banjir, nyegat bis kuning di jalan raya depan, kondisinya cukup aman. denger2 juga, ga kurang dari sejam air di kawasan PIER itu udah surut, mulai normal lagi.

langsung mandi, balurin kayu putih di kaki yang mulai gatel2 gara2 tadi lepas sepatu dan kena air hujan, lalu duduk manis di depan tipi, sambil berpikir... "kapan bisa tenang bekerja dan beraktifitas, tanpa khawatir banjir menerjang?"

*gambar diambil dari hasil gugling

Comments

Popular posts from this blog

this is how I disappear

gerhana matahari

Ndleming