Njajan Malangan



Beberapa kali kedatangan teman dan saudara yang berlibur ke Malang. Dan hampir selalu bingung tiap kali ditanya oleh-oleh khas Malang apa, saking banyak dan beragamnya jenis cindera mata khas Malangan. Baik makanan, maupun produk asli Malang. Terlebih, seperti yang kita tahu, belakangan banyak hadir artis2 yang ‘mengklaim’ memiliki produk khas Malang. Sebut saja Strudel, Pie, dsb yang semua diiklankan habis-habisan sebagai ‘khas Malang’. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan mengajak ukm-ukm di Malang Raya bekerja sama dengan mereka.
Sah-sah saja sih, namanya juga persaingan usaha. Hanya saja bagi orang-orang yang mencari barang/makanan yang benar-benar lokalan Malang akan sedikit bingung atau malah sengaja datang ke Malang untuk justru mencari produk artis tersebut :)

Tapi jangan sedih :D

Masih ada tempat yang menyediakan oleh-oleh yang asli dari Malang. Dari Teh naga sampai kaos khas dengan boso walikan. Dari keripik tempe hingga kopi dampit.
Salah satu yang pernah saya kunjungi ya di Goedang Oleh-Oleh di jalan Simpang Tenaga II no. 12 Malang.
Semata hanya karena ini tempat oleh-oleh terlengkap yang paling dekat dengan rumah saya di Dinoyo, dimana saudara dari Jakarta butuh beli oleh-oleh namun waktunya terbatas di Malang. Lokasinya memang nyempil diantara gudang dan pabrik-pabrik dan jauh dari jalan raya. Tetapi dari hasil gugling, toko ini juga menyediakan transaksi online, jadi ga perlu repot-repot datang kesana. Hanya saja, karena pingin lebih leluasa milih sendiri, meluncurlah kami kesini dengan bantuan GrabCar.

Mungkin, untuk teman-teman yang punya lebih banyak waktu liburan, bisa coba cek toko oleh-oleh semacam ini di sepanjang jalan dari arah terminal Landungsari menuju Batu. Disana lebih beragam lagi varian produknya plus dekat pula dengan tempat-tempat wisata populer yang sudah nge-hits.

Sebenernya bukan pantas ga pantas juga sih ya kalau ‘kue artis’ dijadikan oleh-oleh khas Malang. Hanya dari beberapa pendapat kawan dan juga orang-orang Malang sendiri, sebenernya banyak loh yang bisa kita bawa pulang selain yang udah mainstream itu.


    Teh Naga khas Malang *gambar adalah hasil gugling
  •  Teh naga, teh ini adalah produk dari perkebunan teh di Lawang. Salah satu varian teh yang punya rasa dan aroma khas, semacam wangi vanili. Yang jelas susah dijumpai di daerah lain. Teh ini banyak digunakan di warung-warung kecil yang tersebar di Malang raya, khususnya warung-warung yang sudah legendaris atau di pusat keramaian semisal pasar. Baca lebih lengkap disini
  •  Marning Jagung, ini adalah salah satu olahan jagung yang merupakan hasil produk dari ukm lokal di kabupaten malang. Rasanya khas, dengan banyak varian rasa mulai gurih hingga pedas. Ya mirip-mirip keripik yang level-levelan itu. Hanya ini terbuat dari jagung geprek. dari hasil gugling, produk ini bisa salah satunya kita beli disini
gambar marning jagung asin *diambil dari hasil gugling

  • Kripik tempe, siapa sih yang ga kenal produk satu ini. Hari ini dengan mudah bisa kita jumpai kripik tempe dengan berbagai varian rasa dari barbeque hingga keju. Tinggal pilih. Salah satu sentra kerajinan tempe yang paling terkenal ada di daerah Sanan. Banyak juga toko oleh-oleh tersebar disekitar kampung ini.
Gambar diambil dari blog kampung Sanan
*gambar diambil dari blog Kampung Industri Sanan
  • Selain kripik tempe, ternyata tempe juga sudah hadir dalam bentuk lain. Sebut saja brownis tempe atau yang lagi hits, coklat tempe. Kalau brownis tempe kebanyakan diolah dari tempe yang diolah menjadi tepung kemudian dicampur bahan lain hingga menjadi brownis. Agak berbeda dengan coklat tempe. Remahan atau cincangan kasar tempe yang sudah diolah disiram lelehan coklat dengan banyak pilihan rasa, hingga menghasilkan produk yang gurih sekaligus manis yang pas. Belum lagi kemasan-kemasan coklat tempe yang kekinian plus quote lucu yang bikin produk ini memang layak dijadikan salah satu pilihan oleh-oleh khas malang.
Salah satu merk coklat tempe rasa stroberi
Foto diatas adalah salah satu merk coklat tempe rasa stroberi yang saya beli di Goedang Oleh-oleh Malang dengan harga 11.500,- 

  • Bakpao telo, produk satu ini malah sudah punya outlet penjualan sendiri yang besar banget tepat di perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Pasuruan, yaitu di daerah Lawang. Disana juga begitu banyak pilihan baik produk olahan telo semacam mie telo, es krim telo ataupun oleh-oleh khas lain. Hari ini dengan mudah kita bisa 'bertanya' pada mbah gugel dimana lokasi dan produk apa saja yang dijual.


  • Aneka kripik buah dan sari apel. Produk-produk ini dengan mudah bisa kita jumpai di toko-toko baik toko oleh-oleh khas ataupun di supermarket dan pasar malang raya. Salah satu situs online yang menyediakan produk ini adalah Akema

  • Susu segar/pasteurisasi kemasan. Produk ini bisa kita beli langsung di KUD Batu melalui koperasinya atau di toko dan supermarket Malang Raya. Bisa dengan mudah kita cek melalui googlemaps.

  • Kopi Dampit, kopi karlos, kini juga sudah menjadi produk lokal unggulan. Kalau sempat mampir ngopi di cafe/warkop Malang Raya, dua jenis kopi ini tentu ada diantara deretan pilihan kopi lainnya. Rasanya? Haha maafkan, saya bukan pecinta kopi hitam jadi tak bisa berkomentar soal rasa meskipun tergoda sekali mencicipi. Apa daya hampir selalu mual dan pusing kala mencicip sedikit saja kopi hitam ~ngalem~ :D. Selengkapnya bisa disimak ulasannya disini dan disini


  • Krupuk puli atau krupuk nasi. Kalau yang ini, bisa kita beli di pasar-pasar traditional ataupun mini dan supermarket Malang Raya. Biasanya berupa krupuk mentah yang bisa kita goreng sendiri. Rasanya khas, kebanyakan bentuknya setelah digoreng mirip dengan samiler yang dari singkong, tetapi puli punya rasa lebih ‘ringan’, seperti rengginang mungkin. Cobaen dewe :D

krupuk puli yang sudah digoreng *gambar hasil gugling
  • Kaos malangan (biasanya bergambar/bertuliskan osob kiwalan alias boso walikan, khas Malangan, banyak tersebar di toko oleh-oleh, di tempat wisata, pasar baik tradisional maupun even seperti pasarminggu), topeng malangan, salah satu toko souvenir yang menyediakan produk ini adalah disini, batik celaket yaitu Batik khas Malangan, bisa kita dapatkan disini
    *gambar dari hasil gugling

Tentu sebenarnya masih beragam produk yang bisa dan pantas kita bawa sebagai kenangan kala berkunjung di malang. 10 produk diatas hanya hasil obrolan saya dan kawan-kawan yang sering mengantarkan tamu dan saudara liburan di Malang. Tentu sudah banyak juga tersebar di medsos maupun blog dan media lain mengenai oleh-oleh khas malang ataupun tempat pariwisatanya. Semoga tulisan ini bisa sedikit membantu bagi yang sedang berkunjung ke Malang dan belum memutuskan membawa souvenir apa.
Have a nice trip at Ngalam Raya
#malangkipa #malanghits #jajanmalang #malangjajan


Comments

Popular posts from this blog

this is how I disappear

gerhana matahari

Ndleming